Apa kegunaan perintah perulangan ini? banyak sekali. Contoh yang paling mudah adalah, misalnya kamu ingin mencetak angka 1 sampai 100. Kalau tidak menggunakan perintah perulangan maka kamu harus menuliskan perintah echo sebanyak 100 kali. Bagi kamu yang lupa dengan fungsi perintah echo dapat membaca posting dengan membuat aplikasi php hello dunia. Tapi dengan menggunakan perintah perulangan ini kamu cukup menuliskan beberapa script PHP.

Sintaks perintah for adalah sebagai berikut

for (expr1; expr2; expr3)

statement

Expr1 digunakan sebagai inisialisasi nilai awal suatu variabel. Expr2 digunakan sebagai pembanding dengan nilai variabel yang digunakan pada expr1. Pasti kamu bingung ya ?. Bahasa gampangnya expr2 ini digunakan sebagai penentu berapa kali perintah for ini akan dijalankan. untuk lebih jelasnya akan saya berikan contoh kasus penggunaan perintah for ini. Expr3 digunakan sebagai penambah nilai untuk variabel yang digunakan pada expr1.

Saya akan mengambil contoh kasus diawal posting tadi, yaitu mencetak angka 1-100 dengan menggunakan perintah for. Nach hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahwa perintah for ini harus dijalankan sebanyak 100 kali. Hal kedua adalah nilai minimum dan maksimum angka yang akan dicetak adalah 1 dan 100. Jadi kita akan menggunakan angka 1 ini sebagai nilai awal variabel yang digunakan pada expr1 , misalkan variabel ini bernama counter1. Nilai 100 disimpan pada variabel dengan nama max. Variabel ini akan digunakan sebagai perbandingan antara nilai variabel counter1 dengan nilai variabel max. Berhubung kita akan mencetak angka 1-100 secara berurutan, maka nilai variabel counter1 harus selalu ditambah dengan angka 1. Jadi kita akan menambahkan nilai counter1 dengan nilai 1. Nach penambahan nilai variabel counter1 dengan 1 inilah yang dimaksud dengan expr3.

Mari kita meringkas lagi penjelasan diatas supaya kamu dapat memahami dengan lebih baik lagi. Yang dimaksud dengan expr1 pada contoh kasus diatas adalah nilai awal dari variabel counter1, yaitu 1. Nilai 1 digunakan karena angka permulaan yang akan dicetak adalah 1. Yang dimaksud dengan expr2 adalah nilai dari variabel max, yaitu sebesar 100. Nilai variabel max inilah yang akan digunakan sebagai perbandingan dengan nilai variabel counter1. Kedua nilai ini juga yang menentukan berapa kali perintah for akan dijalankan. Karena kita akan menjalankan sebanyak 100 kali, maka operator perbandingan yang akan digunakan adalah operator <= (operator lebih kecil atau sama dengan). Bagi kamu yang lupa mengenai operator perbandingan dapat membaca posting dengan judul operator perbandingan pada perintah if di php. Yang dimaksud dengan expr3 adalah penambahan nilai variabel counter1 dengan 1. Nach berikut ini merupakan script lengkap PHP untuk mencetak angka 1-100.

<?php
$max = 100;
for ($counter1 = 1; $counter1 <= $max; $counter1++)
echo $counter1 . ” “;
?>

Apabila kamu jalankan script diatas, maka browser kamu akan menampilkan angka 1-100 secara berurutan.