Bentuk sintaks perintah while di PHP adalah

while (expr)

{

statetement

}

dimana :

expr adalah eksperesi atau conditional statement yang menyatakan pada PHP berapa kali perulangan while ini akan dijalankan.

Statement merupakan perintah yang harus dijalankan oleh perintah while ini. Perintah ini dijalankan selama conditional statement bernilai TRUE. Yang dimaksud dengan conditional statement adalah suatu perintah yang digunakan untuk melakukan pengecekan dengan menggunakan operator perbandingan. Untuk mengetahui macam-macam operator perbandingan dapat membaca posting dengan judul operator perbandingan pada perintah if di PHP.

Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan contoh penggunaan perintah while ini dengan menggunakan contoh kasus yang telah dibahas pada posting sebelumnya, yaitu mencetak angka 1-100 pada layar browser anda.

Logikanya sama saja dengan kasus perintah for yang pernah saya jelaskan sebelumnya. Biar tambah jelas dan tambah mahir membuat script PHP untuk mencetak angka 1-100 di layar browser kamu, akan diberikan langkah demi langkah logika berpikir untuk membuat script PHP ini.

  • Langkah pertama adalah memastikan bahwa perintah PHP ini harus bener-bener dijalankan sebanyak 100 kali. Maka kita set variabel dengan nama $counter1 untuk menyimpan nilai awal yang akan dicetak, yaitu 1.
  • Langkah kedua adalah menentukan batas akhir pengulangan, yaitu sebesar 100. Kamu dapat menyimpan nilai ini dalam suatu variabel atau kamu dapat menuliskannya secara langsung. Nanti saya kasi dua contoh tersebut dech, jadi jangan khawatir oke.
  • Langkah ketiga adalah mencetak angka 1-100 dengan menggunakan perintah echo.
  • Langkah terakhir adalah menambahkan nilai variabel $counter1 dengan 1. Sebab kita akan mencetak angka 1-100. Hal ini harus diingat, karena apabila tidak dilakukan maka akan menyebabkan infinite loop atau yang biasa disebut dengan loop yang tidak pernah berhenti. Kok bisa jadi infinite loop ?, pasti itu yang kamu pikirkan sekarang. Saya akan jelaskan, seperti yang kita ketahui bahwa perintah while ini mengecek kondisi apakah nilai variabel $counter1 sudah melebihi 100 apa tidak. Jika nilai variabel ini tidak ditambahkan maka nilai variabel ini akan terus bernilai sama, dan hal inilah yang menyebabkan kondisi loop yang tidak berhenti atau istilah kerennya adalah infinite loop.

Setelah membicarakan logika berpikir untuk membuat program untuk mencetak angka 1-100, sekarang waktunya untuk mengimplementasikan logika tersebut ke dalam bahasa PHP. Berikut ini script PHP untuk mencetak angka 1-100 di layar browser dengan menyimpan angka 100 di variabel $max

$max = 100;

$counter1 = 1;

while ($counter1 <= $max)

{

echo $counter1 . ” “;

$counter1 = $counter1 + 1;

}

?>

Berikut ini script PHP untuk mencetak angka 1-100 di layar browser dengan menuliskan angka 100 tanpa harus menyimpannya di suatu variabel

$max = 100;

$counter1 = 1;

while ($counter1 <= 100)

{

echo $counter1 . ” “;

$counter1 = $counter1 + 1;

}

?>