Kepanjangan dari PHP adalah PHP: Hypertext Preprocessor. pasti kalian merasa bingung kok singkatan PHP ada kata kata PHP lagi?. Sama saya juga bingung tapi kita terima aja dech maklum bukan saya yang menciptakan PHP ini, jadi tidak berhak melakukan protes icon biggrin apa itu PHP?

PHP merupakan bahasa pemrograman yang berjalan di sisi server atau biasa disebut denganServer Side.

Bingung dengan istilah tersebut.? Jangan khawatir saya akan berusaha menjelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti untuk istilah tersebut.

Secara garis besar bahasa pemrograman web terdiri dari dua macam. Yang pertama disebut dengan Client Side atau script yang dijalankan di komputer client dan yang kedua biasanya disebut dengan Server Side atau script yang dijalankan pada komputer server. Gampangnya begini kalo Client Side adalah script atau perintah yang ditujukan pada komputer untuk dijalankan pada komputer milik orang yang mengakses web tersebut. Misalnya kalian mengakses web site http://www.indrabt.com. Apabila web site ini memiliki script client side yang berguna untuk menampilkan misalnya gambar logo milik web site ini maka yang menjalankan script tersebut adalah komputer kalian atau dengan kata lain browser kalian. Apabila script yang berguna untuk menampilkan gambar logo adalah bersifat server side maka pertama tama script tersebut akan diproses di server tempat web site tersebut berada (biasanya disebut dengan hosting), setelah diproses baru hasil pemrosesan tersebut akan dikirimkan pada client yang mengakses web site tersebut. Begitu gambarannya.

nach apa saja bahasa pemrograman web yang termasuk dalam Client Side dan Server Side. Saya akan memberikan contoh yang paling banyak digunakan aja soalnya saya juga gak hafal sich semua macam bahasa pemrograman web baik yang client maupun server side. Bahasa pemrograman Client Side yang terkenal adalah Javascript, VBScript, beserta dengan teman-temannya. Sedangkan bahasa pemrograman server side yang terkenal adalah PHP, Ruby On Rail, JSP, ASP, ASP.NET, dan masih banyak lagi.