Operator perbandingan berguna untuk membandingkan dua nilai atau lebih, atau bisa juga digunakan untuk membandingkan nilai antar variabel, dimana hasil perbandingan tersebut akan menghasilkan nilai true atau false. Nilai variabel atau nilai yang dibandingkan pada kondisi if atau statement condition ini disebut dengan operand. Supaya lebih jelas saya akan memberikan contoh.

<?php

$a = 10;

$b = 5;

if ($a > $b)

{

……

}

?>

coba kamu perhatikan script php diatas pada bagian (if $a > $b). Yang dimaksud dengan operand adalah $a dan $b. Kedua variabel tersebut disebut operand karena kedua variabel tersebut digunakan untuk melakukan perbandingan. Perintah if tersebut dapat dibaca apakah variabel $a lebih besar dari variabel $b ?. Jika iya maka jalankan perintah dibawah perintah if. Nach gimana udah jelas kan mengenai apa yang dimaksud dengan operand.

Berikutnya saya akan menjelaskan operator apa saja yang dapat digunakan untuk melakukan perbandingan pada perintah if di php. Sebenarnya operator perbandingan ini tidak saja dapat digunakan untuk melakukan perbandingan pada perintah if di php. Operator perbandingan ini juga dapat digunakan pada perintah perulangan pada php. Namun untuk lebih mudahnya kita pelajari dulu penerapan operator ini pada perintah if di php.
Berikut ini merupakan operator perbandingan yang dapat digunakan di php

 

Simbol Keterangan
== : disebut juga sebagai operator Equality. Perbandingan menggunakan operator ini akan mengembalikan nilai true jika kedua operand memiliki nilai sama, apabila tidak maka akan mengembalikan nilai false.
!= : disebut juga sebagai operator Inequality. Perbandingan menggunakan operator ini akan mengembalikan nilai true jika kedua operand memiliki nilai berbeda, apabila tidak maka akan mengembalikan nilai false.
=== : disebut juga sebagai operator Identical. Operator ini digunakan untuk membandingkan apakah kedua operand identik. Yang dimaksud dengan identik disini adalah kedua operand memiliki nilai dan tipe data yang sama.
!== : disebut juga sebagai operator Not Identical. Operator ini digunakan untuk membandingkan apakah kedua operand tersebut tidak identik. Yang dimaksud dengan tidak identik adalah kedua operand memiliki nilai dan tipe data yang berbeda.
> : Operator ini digunakan untuk membandingkan apakah operand yang berada disebelah kiri memiliki nilai lebih besar daripada operand yang disebelah kanan.
>= : Operator ini digunakan untuk membandingkan apakah operand yang berada disebelah kiri memiliki nilai lebih besar sama atau sama dengan operand yang disebelah kanan.
< : Operator ini digunakan untuk membandingkan apakah operand yang berada disebelah kiri memiliki nilai lebih kecil daripada operand yang disebelah kanan.
<= : Operator ini digunakan untuk membandingkan apakah operand yang berada disebelah kiri memiliki nilai lebih besar atau sama dengan operand yang disebelah kanan.