Operator aritmatika apa saja yang dapat digunakan pada PHP ?. Berikut ini merupakan tabel yang berisi macam-macam operator aritmatika yang dapat digunakan pada PHP.

Operasi
Operator
Penambahan
+
Pengurangan
Perkalian
*
Pembagian
/
Sisa pembagian
%
Increment
++
Decrement

Berikut ini akan diberikan contoh penggunaan operator aritmatika diatas. Misalkan terdapat dua variabel sebagai berikut :

$x = 50;

$y = 10;

Maka contoh penerapan penggunaan operator aritmatika pada kedua variabel diatas dapat dilihat pada tabel berikut ini :

Operasi
Operator

Contoh

Hasil
Penambahan
+
$x + $y
60
Pengurangan
$x – $y
40
Perkalian
*
$x * $y
500
Pembagian
/
$x / $y
5
Sisa pembagian
%
$x % $y
0
Increment
++
$x++
51
Decrement
$x–
49

Saya akan menerangkan apa itu yang dimaksud dengan sisa pembagian atau bahasa kerennya modulo division icon biggrin Menggunakan operator aritmatika pada PHP . Yang dimaksud dengan sisa pembagian adalah sisa dari hasil pembagian bukan hasil dari pembagian. Pada contoh diatas $x % $y = 0. Hasil ini didapat dari rumus sebagai berikut : $x – ($y * ($x / $y)).

Pada contoh diatas 50 / 10 = 5. Lalu 50 – (10 * 5) = 0. Nach udah jelas kan dari mana nilai 0 itu didapat. Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan satu contoh lagi. Misalkan nilai variabel $y diganti menjadi 4 maka untuk mendapatkan nilai hasil modulo division pertama kita hitung dulu 50 / 4 = 12.5, kita ambil nilai bulatnya saja. Sehingga nilai 12.5 apabila diambil nilai bulatnya menjadi 12.

Catatan : untuk nilai pecahan selalu diambil nilai bulatnya saja. misalkan nilai yang didapat 13,85 maka apabila diambil nilai bulatnya maka akan menjadi 13.

setelah didapat hasil pembagiannya kita dapat menghitung hasil modulo division diatas sehingga menjadi 50 – (4 * 12) = 2. Sehingga hasil modulo division 50 % 4 = 2.