Halo pada posting kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara menformat tipe data number pada PHP. Perintah apa yang digunakan untuk melakukan format tipe data number ini ? cukup dengan menggunakan perintah ini

 

number_format(bilangan yang diformat,jumlah desimal yang ditampilkan,”karakter pemisah desimal”,”karakter pemisah ribuan”)

berikut ini keterangan parameter yang terdapat pada fungsi ini :

bilangan yang diformat : bilangan yang ingin diformat. parameter ini harus selalu diisi
jumlah desimal yang ditampilkan : jumlah angka desimal yang akan ditampilkan. jika parameter ini tidak diisi, biasanya angka desimal yang diset adalah 0.
karakter pemisah desimal : karakter yang digunakan untuk memisahkan bilangan desimal. default karakter yang digunakan adalah tanda titik (.).
karakter pemisah ribuan : karakter yang digunakan untuk memisahkan angka ribuan, jutaan, pokoknya karaker yang digunakan untuk memisahkan supaya angka menjadi enak dibaca icon biggrin Menformat tipe data number pada PHP . susah jelasinnya, rasanya kamu tau dech maksud saya. contohnya 10000 menjadi 10,000. default karakter yang digunakan adalah tanda koma (,)

berikut ini contoh script php yang menggunakan perintah ini

<?php
$number = 1598.65;
$number = number_format($number, 2, ‘,’, ‘.’);
echo “$number”;
?>

Apabila kamu menjalankan script php tersebut pada web browser kesayangan kamu, maka web browser kamu akan menampilkan nilai 1.598,65.

Oke sekian saja posting kali ini. Selamat mencoba dan good luck icon wink Menformat tipe data number pada PHP

references : indrabt.com