jadi apa yang dapat kita lakukan dengan PHP? PHP memiliki kemampuan untuk membuat web site menjadi dinamis atau dengan kata lain dapat berinteraksi dengan pengunjung web site. Contoh paling gampang adalah shopping cart yang dimiliki oleh kebanyakan web site yang menjual barang atau biasa disebut dengan ecommerce. Bagi anda yang pernah membeli barang di internet pastilah pernah menggunakan shopping cart.

Proses yang biasanya dilakukan oleh user yang berbelanja menggunakan shopping cart adalah sebagai berikut :

  • User memilih barang maka secara otomatis shopping cart akan memasukkan data barang yang dipilih oleh user.
  • Proses berikutnya shopping cart akan menambahkan harga barang yang dipilih oleh user dengan barang yang telah dipilih oleh user sebelumnya. Untuk proses pengurangan harga barang biasanya dilakukan apabila user melakukan penghapusan data barang yang telah dipilih.
  • Proses ini terus menerus dilakukan selama user terus memilih barang yang akan dibeli. Biasanya untuk mengakhiri proses ini dilakukan dengan mengklik tombol checkout.
  • Apabila user mengklik tombol checkout maka shopping cart akan melakukan proses penghitungan total biaya yang harus dibayar oleh user.

nach PHP dapat digunakan untuk membuat shopping cart tersebut, keren kan. Pastilah kalian berpikir apakah hanya itu saja kemampuan dari bahasa PHP? Tentu saja jawabannya adalah tidak. Masih banyak hal-hal yang dapat dilakukan dengan bahasa pemrograman PHP. Saya berikan salah satu contoh penerapan dari bahasa PHP ini. Apakah kalian pernah mendengar WordPress? WordPress merupakan salah satu aplikasi blog yang cukup terkenal. WordPress ini juga dibuat dengan menggunakan PHP. Gimana keren kan PHP.

Keuntungan lainnya menggunakan PHP adalah program yang telah dibuat dapat berjalan pada banyak sistem operasi, contoh adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan UNIX. Hal ini biasanya disebut dengan cross platform program.